Sabtu, 04 Oktober 2014

Mengakses Modul G1/2 Hall Effect Water Flow Sensor Dengan ATmega 16+LCD (Simulasi+Source kode)

Pada postingan saya akan menjelaskan penggunaan dari modul G1/2 Hall Effect Water Flow Sensor menggunakan atmega 16. modul flow meter ini menggunakan sensor hall effect didalamnya.

untuk menghubungkan nya dengan kontroler dalam hal ini atmega 16. modul ini sudah tidak diperlukan lagi driver tambahan. ada 3 kabel keluaran dari modul ini. seperti pada gambar berikut
dimana Black dihubungkan ke ground pada atmega, Red pada Vcc minimal 5 volt, kuning adalah output pulsa pulsa PWM yang akan dijadikan sebagai sumber intrupsi eksternal disa dimasukkan ke dalam pin B1 atau B2 yaitu pin untuk eksternal interupt pada atmega 16.

         Untuk memproses sinyal output dari modul flowmeter ini, dilakukan dengan menghitung frekwensinya. dengan meggunakan timer 1 pada atmega untuk menghitung frekwensinya, dan menggunakan delay 1 detik lalu menghentikan timer 1 untuk membaca register TCNT1 yang berisi jumlah perhitngan pulsa selama satu detik tadi. kita juga mengaktifkan fungsi overflow pada timer1 dan menghitung jumlah overflow yang terjadi pada timer1. apa itu overflow ? overflow berarti timer1 telah membuat 2^16 kali perhitungan. sehingga didapatkan rumus untuk menghitung frekwensi adalah Frequency = i*2^16 + TCNT1, untuk mengkonvert nilai frekwensi menjadi satuan aliran yaitu Liter/menit kita gunakan rumus berikut flow = (((dur + i*65536)*60)/7.5)*0.0166, dimana nilai nilai itu didapat dari datasheet modul flowmeter dari hasil percobaan dan konversi satuan. untuk sourcode dan simulasi proteusnya dapat didownlad pada link dibawah. silahkan meninggalkan komen jika ada pertanyaan.
Download
SOURCE CODE
SIMULASI

Berukut adalah gambar-gambar dari proyek ini, susudah di packaging




9 komentar:

  1. Mas saya mau bertanya, mikrokontrolnya pake clock berapa di simulasinya ?

    BalasHapus
  2. Gimana conversi ke bentuk liter gan?

    BalasHapus
  3. sekarang Mesin Pom Mini Digital juga menggunakan flowsensor, dan hasilnya bagus

    BalasHapus
  4. mas kalo sensornya sama yang G3/4 progamna sama enggk mas

    BalasHapus
  5. mau tanya dong, itu angka 0.0166 dapet dari mana ya? barang kali ada yg tau :)

    thanks

    BalasHapus
  6. Mas mau tanya angka 0.0166 itu dari mana ya?

    BalasHapus